Thursday, 30 December 2010

#2010memories

Halo halo! 
Bertemu lagi dengan saya! Kali ini tema cerita saya adalah....... emm, apa ya? Yah, setelah membaca postingan ini anda akan tahu apa temanya :p Ok, this is it!

======================================================
Tahun 2010 segera berakhir. Seperti biasa, Trending Topic di twitter dikuasai oleh segala hal yang berbau tahun baru. Diantaranya #2010memories. Nah, karena kenangan-kenanganku di tahun 2010 ini terlalu banyak dan kayaknya nggak cukup kalau dishare di twitter (ntar malah dianggap spamming, nggak enak sama followersku tercinta *halah*) jadi lebih baik share di blog saja~ cekibrot!

* Persiapan Ujian Akhir Nasional SMP *
Yak, awal tahun 2010 aku masih kelas IX dan akan segera menghadapi ujian. Tapi disini ceritanya baru persiapan. Persiapan ujiannya itu benar-benar...... apa ya istilahnya...? 'Menyiksa'? Yah, anggap saja begitu. Pokoknya intinya itu 'nyoro' banget lah. Maklum, baru pertama kali ini ngadepin UAN secara serius (kalo ujian SD kayaknya santai ya, jadi persiapannya nggak nyoro banget). Persiapan UAN yang menyiksaku itu diantaranya ada jam tambahan pagi tiap hari sekolah, jadi berangkatnya harus lebih gasik. Soalnya jam 06.20 itu udah bel masuk buat kelas IX. Anak2 nggak boleh telat, kalau telat nanti nggak boleh masuk kelas terus nggak ikut jam tambahan terus masuk ruang BK deh~ (kalo nggak salah sih. maklum, yang ngetik ini nggak pernah telat ikut jam tambahan :p #plak) Tapi ya sebenernya anak2 masih dikasih toleransi 10 menit, jadi sebenernya masuknya itu jam 06.30.... Selain jam tambahan pagi di sekolah, persiapan lainnya yaitu les. Aku les di Neutron *nyebut 'merk' disini nggak papa kan ya?* Masuknya itu tiap hari Senin, Rabu, dan Jum'at. Terus aku juga les di guru matematikaku, Pak Wandar, tiap hari Selasa sama Kamis. Naaah kalo di Pak Wandar sih les ya les doang, tapi kalo di bimbingan belajar macem Neutron pasti nggak cuma les doang. Ada try out sama jam tambahannya juga -_- Dan try outnya itu mesti dilaksanain pas hari Minggu. Grrr, nganggu hari libur orang aja. Terus juga ada try out sekolah. Kalo nggak salah try out sekolah itu dilaksanain 4 kali, terus try out dari kota 1 kali. Jadi ya intinya itu aku capek sama try out dan soal-soal!
Sampe eneg rasanya...
Apalagi waktu tau ada kabar kalo UANnya dimajuin, dari bulan Mei jadi bulan Maret. Wiiih, guru-guru langsung pada kebut tuh ngajarnya, terpaksa harus dipaham-pahamin walaupun sebenernya nggak paham. Tapi aku tau sih, kalo itu semua dilakuin biar aku dan yang lain bisa lulus UAN dengan nilai yang memuaskan.... Bagaimanapun juga, waktu itu aku pengen banget 'penderitaan' ini segera berakhir. Pengen cepet-cepet UAN!

* Ujian Akhir Nasional SMP *
Yes! Hari-hari yang ditunggu akan segera tiba! Sebenernya deg-degan juga sih, takut. Tapi ini yang aku tunggu2! Aku pengen ujian cepet selesai, jadi aku bisa bebas lagi!

Senin, 29 Maret 2010 
Bahasa Indonesia

Selasa, 30 Maret 2010
Bahasa Inggris

Rabu, 31 Maret 2010
Matematika

Kamis, 1 April 2010
IPA

Dari keempat mapel UAN itu, waktu aku ngerjain soal2nya, menurutku yang paling susah itu matematika! Tapi sesusah-susahnya soal matematika waktu itu, menurutku ya tetep lumayan gampang lah... Seenggaknya apa yang selama ini aku pelajari itu ada yang keluar, jadi nggak sia-sia. Dan yang paling gampang menurutku bahasa inggris! Dari awal targetku itu emang bahasa inggris! Aku pengen bahasa inggrisku 100! Tapi ternyata enggak.... Ada beberapa soal, yang menurut perkiraanku waktu itu ada 5 soal yang aku yakin pasti SALAH! Huaaaaaaaaa, nyesel banget waktu itu. Aku kurang teliti sih. Kalau bahasa indonesia sama IPA.... no comment lah. Biasa aja menurutku. Dan WOOOHOOOO!!!! Waktu hari terakhir UAN itu aku seneng banget! Akhirnya aku BEBAS! 


Sekarang tinggal ngadepin UAS dan nunggu hasil UAN~ Kalau UAS sih aku optimis bisa! Kalau hasil UAN aku juga optimis pasti lulus! Tapi nggak tau nanti hasilnya....

* Pengumuman Kelulusan * 
Hari Jum'at tanggal  21 Mei 2010. Ini dia, hari yang ditunggu-tunggu setelah ujian. Waktu itu yang ngambil hasilnya orang tua. Aku mau ikut ke sekolah sebenernya, tapi.... males ah. aku lebih milih ngadep laptop dan memantau keadaan di facebook. Haha~ Nah, pas lagi asik2 fesbukan, tiba tiba ada bunyi *tuing* (bunyi ada yang ngajak chat) Dan ternyata itu adalah guruku! Pak Hari! Pak Hari tanya: "Dah tau hasilnya blm?" Aku jawab: "belum pak..." Pak Hari bales: " Orang tua murid kan udah pulang drtd" Aku bales lagi: "masa' pak?? :o" Balesannya Pak Hari: "Disini temenmu lagi pada ketawa2. Siap2 bergembira." Waaah, aku yang tadinya deg-degan nunggu hasil kelulusan, rasanya langsung jadi tenang waktu baca kalimat terakhir di chattinganku sama Pak Hari itu... 'Siap2 bergembira' ya.... Hehehe. Dan ternyata hasilnya memang cukup memuaskan! Nih aku kasih tau hasil UANku! Cekibrot gan!

Bahasa Indonesia  =85,00
Bahasa Inggris     = 94,00
Matematika        = 76,00
IPA                    = 85,00


Jumlah                 = 34,00

Dan aku dinyatakan LULUS! YEAH! Alhamdulillah Ya Allah! Walaupun berarti nilaiku cuma 8,5 (34:4 = 8,5) tapi aku udah cukup puas! Apalagi itu hasilku sendiri, no nyontek dan no ngepek, hehe :p 

* Pendaftaran di SMA 1 Pekalongan *
Sebenernya, jauh hari sebelum pengumuman kelulusan, SMA 1 Pekalongan (SMANSA Pekalongan) itu udah buka pendaftaran. Padahal SMA-SMA yang lain belum. Nah, temen-temen SMPku ini banyak banget yang mau daftar di SMANSA. Aku sebenernya juga pengen sih, tapi aku agak.... minder. Soalnya total nilaiku dari semester 1 - semester 5 itu pas-pasan. Berapa ya kalo nggak salah..... 73an kayaknya. Tapi apa salahnya buat dicoba? Akhirnya aku nekat ndaftar di SMANSA. Ternyata prosesnya rumit juga. Harus fotokopi ini itu, minta legalisir, bolak-balik ke SMANSA... Hhh, benar-benar perjuangan -_- Aku liat temen-temenku yang nggak ndaftar di SMANSA pada santai-santai. Jujur, waktu itu rasanya aku udah patah semangat. Capek. Baru aja bebas dari penderitaan ujian, sekarang harus langsung ngadepin tes masuk SMA? Rasanya pengen aku batalin aja... Aku juga masih pengen santai-santai kayak mereka. Tapi aku udah terlanjur daftar, apa boleh buat. Coba ikut tesnya dulu ajalah. Mungkin aku harus menderita dulu sekarang, tapi pasti nanti aku bisa santai-santai melebihi santainya mereka! .............mungkin.

Nah, pas hari tes, aku rasanya sih udah siap. Yakin banget. Tapi pas liat soalnya......
WAAAAAHHHH!!!!! INI SOAL APA SOAL?! 
Beda sama yang aku pelajari! Yang aku pelajari keluarnya cuma dikit doang! DUH!!! Kalo mau nyontek, nyontek siapa? Waktu itu aku duduknya paling belakang sih, tapi yang duduk didepanku aku nggak tau siapa, sebelah kiriku juga aku nggak kenal. Masa' orang nggak kenal dimintain contekan... Gengsi ah gengsi -_- Oh ya, kalo sebelah kananku.... temenku sih. Tapi dia malah minta contekin aku. Benar-benar tidak ada yang bisa diharapkan. Disaat seperti ini, saatnya untuk 'ngawurologi'! Yak, hampir 55% jawabanku itu ngawur. Kebanyakan aku jawab B, soalnya aku inget sama Matt Bellamy. Karena M nggak ada, ya udah aku jawabnya B :p Hahahaha. Parah. Waktu keluar dari ruang tes, wajahku kluwus. Ternyata temen-temenku yang lain juga gitu. Aku jadi tambah pesimis. Tapi kalaupun nggak keterima di SMANSA kayaknya sih aku nggak bakal sedih banget, soalnya waktu itu (inget, WAKTU ITU) aku pengennya masuk SMA 3 Pekalongan.

Lanjut ke hari-hari berikutnya. Beberapa hari setelah pengumuman kelulusan dan hari dimana pengumuman hasil tes SMANSA itu keluar. Aku jadi agak deg-degan. Temenku yang waktu tes duduk di sebelah kananku, dia nggak lolos. Duh! Nasibku piye yo? Dan bodohnya aku baru tau kalo hasil tes itu bisa diliat di webnya SMANSA ... Langsung aku cekibrot webnya. Aku cari-cari namaku........................................................................................ Dan ternyata.................................................................................................................................................................................... ADA! ADA NAMAKU! AKU LOLOS! ALHAMDULILLAH! Nah, sekarang udah lega. Aku liat temen-temenku yang-aku-anggap-lebih-pinter-dari-aku, ternyata banyak yang nggak lolos. Padahal NEMnya lebih tinggi dari NEMku lho. Yah, jaman sekarang memang nggak bisa terpaku sama hasil ujian aja, banyak yang nggak 'murni' sih. Bukannya suudzon lho ya....

Terus lanjut ke tahap pendaftaran berikutnya. Yaitu ngasih fotokopian SKL. Duh, NEMku dikit, bisa lolos lagi nggak ya? Agak ragu-ragu sebenernya. Tapi...... Yah, lihat aja nanti. Dan ALHAMDULILLAH!
 Aku lolos lagi!
Tapi.... ternyata dari hasil nilai rata-rata semester 1 sampai semester 5 + hasil tes + NEM : 3 (ngitungnya gitu bukan ya?),  aku ada di urutan 183 dari 200 peserta (dari dalam kota). 
 
Sedih.
Sempet mikir mau ngundurin diri aja. Mungkin aku bisa ndaftar di SMA 3. Tapi kata keluarga dan temen-temenku jangan ngundurin diri. Eman-eman. Iya juga sih, udah sejauh ini masa' mau ngundurin diri? Hmmmmmmmm. Akhirnya setelah bertapa 7 hari 7 malam, aku mendapatkan wangsit *halah* Hahaha, enggak enggak~ Setelah aku pikir-pikir lagi, akhirnya aku lanjutin aja lah.

Sekarang tinggal daftar ulang. Awalnya aku kira cuma daftar ulang biasa. Tapi ternyata daftar ulangnya LUAR BIASA! Setelah mbayar dan ngukur seragam olahraga dan seragam batik, aku sama temen-temenku disuruh ke aula sekolah. Disana ada (calon) kakak-kakak kelasku... hehe. Ini ada apa sih? Aku sama temen-temenku bingung. Selidik punya selidik, ternyata didalem aula ada kegiatan khusus buat anak-anak baru yang habis daftar ulang. Sebelum masuk kedalem aula, kita harus dapetin kertas, tapi bukan kertas biasa. Jadi kertasnya itu khusus buat tempat cap-capan gitu lah... Duh, susah jelasinnya -_- Minta kertasnya itu susah banget. Kakak-kakak kelasnya tu sengaja ngerjain tu si. Ada yang ngasih secuil sobekan kertas, kertas HVS, kertas folio, dll lah. Pokoknya harus pinter2 ngomong biar dapetin kertas yang dimaksud itu. Setelah beberapa lama dan melakukan segala cara *halah* akhirnya aku dapetin juga tuh kertas. Langsung aku masuk ke aula. Disana ada pos OSIS, pos Pramuka, pos kedisiplinan, sama satu lagi nggak tau pos apa, lupa. Kegiatannya josss yakin! Apalagi waktu di pos kedisiplinan sama pos yang satunya itu. Haduh haduh. Belum MOS aja kakak-kakak kelasnya udah kayak gini. Apalagi MOS?! Sampe temenku ada yang mau nangis. Duh, nggak tahan liatnya, kasian. Jam 12 siang, aku baru keluar dari SMANSA. Akhirnya kertas ini bisa full sama cap-capan juga..... Tapi ternyata, kata temenku, salah satu dari 4 cap di kertasku itu ada yang salah! Cap dari pos OSIS! Waduh! Ah, males balik kesana lagi. Udah terlanjur didepan gerbang lagi. Besok ajalah gampang. Terpaksa aku harus ke SMANSA dan berhadapan sama kakak-kakak yang garang itu lagi besok... Huhuhu. Tapi mending lah pos OSIS. Yang penting bukan pos kedisiplinan sama pos yang satunya itu -_- Habis ini, tinggal nyiapin penugasan, fisik, dan mental pastinya buat MOS!

*  PRA MOS SMANSA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011 *
Ini baru PRA. PRA. P. R. A. Waktu itu PRA MOSnya hari Jum'at tanggal 9 Juli 2010. Di PRA MOS aja udah dapet 10an poin evaluasi (kalo nggak salah). Dan baru bisa dipecahin 1, itupun cuma mengumbar janji. Tapi nggak papa lah, yang penting bisa cepet pulang. Udah nggak kuat aku.

* MOS SMANSA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011 *
MOS SMANSA dilaksanain dari tanggal 12 Juli 2010 - 14 Juli 2010. 3 hari yang cukup bersejarah. Menyedihkan, menyebalkan, melelahkan, dan menyenangkan pastinya. Hari pertama MOS, poin evaluasi nambah lagi, tapi ada beberapa yang bisa dipecahin. Hari kedua MOS, nambah lagi tuh poin. Tapi masih ada yang bisa dipecahin. Hari ketiga MOS, cuma 1 hal yang dilakuin semua peserta MOS SMANSA waktu itu biar poin evaluasinya hilang semua, yaitu 'masang mading lagi' yang udah ditempel di hari kedua MOS, tapi malah dilepas. Ternyata madingnya itu harus ditempel sebelahan sama Pink Heart setinggi 2 meter yang berisi tanda tangan seluruh peserta MOS ini.
Naaah setelah poin evaluasi dihapus dan MOS SMANSA tahun pelajaran 2010/ 2011 dinyatakan BERHASIL, sekarang tinggal seneng-seneng! Seneng-senengnya itu sebenernya cuma nari-nari nggak jelas gitu sih, tapi rasanya seneng sekaleeee~ Dan akhirnya MOS SMANSA tahun pelajaran 2010/ 2011 selesai! *prok prok prok prok prok* Capeknyaaaaaaa, setelah selama berhari-hari digojlok dan ngurusin tugas MOS bareng temen2.... Tapi karena gojlokan dan tugas2 itu juga kita bisa jadi akrab satu sama lain :)

* DIESNATALIS SMANSA *
Beberapa hari setelah MOS, tanggal 30 Juli 2010 dan 1 Agustus 2010, seluruh warga SMA 1 Pekalongan merayakan ulang tahun SMANSA yang ke..... keberapa ya? #plak Nggak tau yang keberapa, pokoknya merayakan ulang tahun lah! Hehehehe. Waktu tanggal 30 Juli, hari Sabtu, semua warga SMANSA wajib pake kaos putih. Kegiatan pertama itu jalan-jalan dulu. Habis itu ada pasar jajan dari seluruh kelas di SMANSA. Kelasku (X.3) waktu itu jualannya es soda leci (atau apalah namanya) sama roti coklat. Es soda lecinya itu laris manis euy~! Habisnya emang enak sih... Rugi yang waktu itu nggak nyobain! :p Dan alhamdulillah dagangan kita habis! Dan katanya nih, katanya lho, pendapatannnya kelas X.3 itu paling banyak diantara kelas2 yang lain... Kalau nggak salah 200ribuan!
YEAH!
Tapi sekarang nggak tau duitnya ada dimana... Buat keperluan kelas kayaknya.

Terus pas hari Minggu, tanggal 1 Agustus 2010, itu acaranya semacam festival band sama final LCC antar SMP. Agak membosankan sih sebenernya.... Aku aja baru dateng langsung pulang tok og... Hehehehehe

* BUKBER *
Yak, seperti biasa, waktu bulan ramadhan sekolah pasti ngadain acara buka bersama. Ini adalah pertama kalinya aku buka bersama bareng warga SMANSA di SMANSA pastinya~ Sore2nya itu ada acara veil fashion sama penampilan dari band lokal SMANSA, terus waktu maghrib baru buka bersama di kelas masing-masing.... Tapi ada yang bukber di aula juga deng. Nah, anak2 kelas X.3 ini milih makannya di kelas aja, padahal kelas X.1, X.2, sama X.4 itu makannya di aula. Kelas X.3 ini letaknya di belakang, eh, bukan dibelakang deng, apa ya istilahnya.... hmm.... ya gitulah pokoknya *haduh* Padahal dibelakang itu sepi, cuma ada anak2 kelas X.3 disitu. Suasananya juga suram.... Jadi nggak enak makannya = =" Terus habis makan, sholat maghrib, anak2 pada kumpul di halaman SMANSA. Ada kakak kelas yang nyalain mercon juga! Wiih, keren yakin. Padahal nggak boleh bawa mercon, dan tadi sore sebelum masuk ke sekolah itu udah ada penggeledahan, tapi kok masih bisa lolos ya? 
*penasaran*

* LINTAS WIRA 2010 *
Salah satu ekskul yang aku ikuti itu PMR. Nah, PMR ini punya kegiatan namanya Lintas Wira atau disingkat jadi LiRa. LiRa tahun ini diadain di Doro, tanggal 1- 3 Oktober 2010. Kegiatannya itu kayak kemah, terus ada lintas alamnya juga, renungan malam juga ada, dapur umum, plus lomba final LCC, dan yang pasti evaluasi -_- Tapi LiRa ini bisa dibilang agak 'santai' menurutku. Soalnya.... Lebih banyak hiburannya sih. Jadi nggak begitu tegang. Tapi sampai hari terakhir LiRa, masih ada beberapa poin evaluasi yang nggak bisa dipecahin. Sampai panitianya bingung, LiRa tahun ini mau dinyatain berhasil apa enggak. Bahkan sampai sekarang juga belum jelas. Waktu itu ketua PMRnya pernah aku tanyain LiRa tahun ini berhasil apa enggak, dia jawab "It's complicated". Emange status hubungan di fesbuk? -_- Hahaha *kabur*

* ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 *
Beberapa hari stelah LiRa, langsung UTS. Ini UTS pertamaku di SMANSA. Deg-degan euy. Penasaran nanti duduknya sama siapa, didepan apa dibelakang, terus penjaganya penak2 apa enggak.... Dan semua itu akhirnya terjawab. Hari pertama UTS, hari Jum'at tanggal 8 Oktober 2010. Aku duduk sama mbak Amel, kelas XII IPA 3, duduknya di barisan kedua dari kanan, dan kedua dari depan. Kalau penjaganya.... yah lumayan lah. Masih bisa nyontek sih :p Kalo ulangan gini aku masih berani nyontek, ngepek, atau nyontekin. Tapi kalau ujian, entah kenapa nyaliku jadi ciut~ Nah, sekarang soal-soalnya. Soal-soalnya lumayan lah. Tapi karena RSBI, jadi ada yang pake bahasa inggris. Pusingnya dua kali lipat wes -_- Lalu, hasilnya....... Yah lumayan wes. *lumayan terus dari tadi* Hehehehe

* PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN 2010 *
Tanggal 16 Oktober 2010, baru aja selesai UTS, langsung ada kegiatan yang 'katanya' 5x 'LEBIH' dari MOS. Duh, mumet mumet wes. PDK ini pesertanya beberapa anak kelas X dan kelas XI. Mayoritas pengurus OSIS sama MPK, nah yang lain cuma perwakilan dari organisasi aja, kayak aku, aku ikut PDK ini buat perwakilan organisasi Wanalana. Dan panitianya itu beberapa organisatoris kelas XII. Kegiatannya itu 3 hari, tapi nginep di sekolah selama 2 malam. Kegiatannya itu diisi sama kegiatan-kegiatan yang..... inspiratif. Pokoknya memotivasi gitulah. Keren! Tapi evaluasinya juga  nggak kalah keren. Hhh, evaluasi, evaluasi.... Kenapa kita sering ketemu ya? Poin evaluasinya bisa dipecahin cuma dengan nyanyi Mars SMANSA berkali-kali. Alhamdulillah wes, cara mecahinnya nggak neko-neko. Oh iya, terus disana kan dikasih makan *ya iyalah* tapi makannya itu dikasih waktu. 10 menit, semua peserta PDK harus udah baris lagi dan semua alat makan udah dicuci dan ditaruh di kelas XII IPA 6. Haduuuuh wetengkuuuuuuu, melas men kowe dadi wetengku. Haha. Tapi walaupun agak 'menderita' ikut PDK, tetep aja seneng. Aseeeekkkkk

 * ORIENTASI MEDAN 2010 *
Suudah kubilaaang kalau aku ikut ekskul Wanalana kan? Naaah Wanalana ini punya 4 kegiatan yang (sebenernya harus) diikuti semua anggotanya. Salah satu kegiatannya yaitu Orientasi Medan. OrMed ini diadain dari tanggal 6 November 2010 sampai 7 November 2010 di L.A. Bukan Los Angeles lho, tapi Linggo Asri... Hahahaha. Inti dari kegiatan ini adalah penggojlokan. Yak. Peserta OrMed digojlok habis-habisan. Sore berangkat dari SMANSA menuju L.A., terus maghrib baru sampai, udah dievaluasi plus seri 2 atau 3 paket kalau nggak salah. ( 1 paket seri = 10 kali push up buat cowok dan 10 kali jongkok berdiri buat cewek). Terus habis shalat maghrib, makan malam, tapi waktunya dibatasi dan makanannya harus habis, padahal banyak banget. Haduh. Habis itu sarasehan sampai jam setengah 12 malem kalo nggak salah. Tidurnya di bifak. Bifak itu kayak tenda, tapi dibuat dari jas hujan (waktu OrMed sih pakenya jas hujan). Bifaknya kelompokku nggak rapi, jadi nggak nyaman buat tidur berempat. Tapi ya mau gimana lagi. Sekitar jam 1 pagi, semua peserta dibangunin. Ternyata ada kegiatan kompas malam. Jadi harus keliling wilayah L.A. waktu itu, malem-malem, gelap, cuma dikasih 1 senter per kelompok. Dan parahnya, di setiap pos, pasti disuruh seri. Dan serinya nggak nanggung2, 15 paket seri! 10 paket seri! 5 paket seri! 9 paket seri! Gitu terus. UUUUUUGGGGHHHHHHHHH. Wes rak tahan rasane. Untung kakiku masih utuh waktu selesai kompas malam. Terus paginya, ada seri lagi. Tapi cuma beberapa paket. Lanjut kegiatan berikutnya, kompas siang. Kalau ini harus jalan jauh, lewat sawah, mbrusuk2 hutan, lewat sungai... Hadeeeeeh. Capek. Tapi akhirnya bisa ditempuh juga. Sorenya, waktu mau pulang, masih aja ada seri. Pokoknya kalau dihitung-hitung, aku itu udah seri sekitar 90 paket, berarti sekitar 900 kali jongkok berdiri. Bisa bayangkan kakiku seperti apa? Metekol. Mlakune ngangkang. Loroneeeeee nemen. Sikilku, sikilku.... Melas men kowe dadi sikilku... Hahaha.

* ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 *
Ini adalah kedua kalinya aku ikut ulangan umum di SMANSA. Jadi udah nggak deg-degan kayak waktu UTS. Toh duduknya juga masih sama kayak watu UTS. Tapi sekarang deg-degan karena soalnya. Kira2 soalnya gampang2 nggak ya? Dan ternyata...... begitulah. Soalnya lebih dari yang aku bayangin. Kentiiirrrrr yakin. Ya Allah, aku udah pesimis. Pasti hasilnya tidak memuaskan. Mungkin pas-pasan, atau lebih rendah dari KKM. Tapi alhamdulillah, ternyata aku cuma remidi mapel fisika sama matematika. Fuuuuh~

* CLASS MEETING *
Setelah UAS, seperti biasa, pasti ada classmeet. Kegiatan classmeet waktu itu ada lomba futsal putra,futsal putri, tenis meja, sama apalagi nggak tau. Kayaknya itu doang ya? Nah, aku ikut lomba futsal putri. Aku sama temen2 sekelasku dan temen2 dari kelas X.4 tandingnya melawan kelas XI IPA 3 sama XI IPA 4. Awal babak pertama timku udah kebobolan 1. Waktu itu aku yang jadi kipernya. Duh, payah. Celana olahragaku juga jadi bolong gara-gara itu -_- Babak kedua, aku nggak mau jadi kiper lagi. Terus kipernya gonta-ganti. Tapi tetep kebobolan. Malah di babak kedua kebobolan 3 kali. Dan pertandingan pun berakhir dengan skor 4 - 0 untuk kelas XI. Yeaaaah. Nggak apa-apa, yang penting kita main sportif. Gara-gara kalah, beberapa hari kedepan aku jadi nganggur. Di sekolah cuma nonton pertandingan, njajan, pokoknya nganggur lah. Pokoknya ini udah santai-santai, tinggal nunggu terima raport aja, terus libur~

* LONG MARCH 2010 *
Ini dia. Kayaknya ini adalah kenangan terakhirku di tahun 2010. Long March ini salah satu dari 4 kegiatan ekskul Wanalana. Long March bukan berarti bulan maret  yang panjang (Long = panjang, March = bulan maret) lho ya... Long March itu menempuh perjalanan jauh tapi jalan kaki. Nah, Long March ini diadain tanggal 25 Desember 2010 - 27 Desember 2010. Awalnya berangkat dari SMANSA menuju Pagilaran naik truk. Dari Pagilaran jalan terus menuju ke Dieng. Nah, hari pertama ini medannya hutan, tapi menanjak. Baru beberapa meter jalan kaki aja rasanya udah nggak kuat. Istirahat terus, sampe aku sama temen2ku ketinggalan di belakang. Terus kepisah-pisah. Awalnya berangkat sama kelompokku berenam, tapi begitu masuk hutan jadi berempat. Terus begitu masuk hutan lagi jadi bertiga. Aku, Muti'ah, sama Mbak Ela. Terus ketemu sama mas-mas, yang ternyata alumni SMANSA tapi bukan alumni Wanalana, nyusul didepan kita bertiga. dan akhirnya ngelanjutin perjalanan yan berat ini bersama mereka bertiga, mbak Ela, Muti'ah dan mas-mas itu. Tapi sampe tengah-tengah hutan (pokoknya udah masuk hutan banget lah), ketemu sama beberapa rombongan peserta yang tadi udah didepan. Jadilah rame-rame ngelanjutin perjalanan. Tapi cuma sebentar rame-ramenya, setelah itu aku sama muti'ah jalan duluan ninggalin mereka. Cuma berdua, di tengah hutan, dan harus mencari jalan sendiri! Wow, asik yakin. Sebenernya nggak enak juga ninggalin rombongan tadi dibelakang. Tapi kalo nanti gabung sama rombongan itu lagi, berarti aku sama muti'ah cuma buang2 waktu. Soalnya aku sama muti'ah udah jauh didepan mereka. Dan itu berarti aku sama muti'ah harus nunggu mereka? Iya kalo mereka bisa nyusul aku sama muti'ah, kalo enggak? Akhirnya aku sama muti'ah tetep jalan terus. Dan kayaknya ada gunanya juga kita jalan duluan, soalnya kita jadi penunjuk jalan rombongan dibelakang itu. Walaupun harus teriak-teriak sampai suara serak. Hehe. Nah, akhirnya aku sama muti'ah bisa sampai di perkampungan terdekat juga. Terus ketemu sama rombongan yang udah didepan itu. Hhhhh. Setelah shalat ashar dan rombongan yang dibelakang tadi udah pada dateng, lanjut perjalanan lagi menuju rumah pak lurah buat nginep. Tapi ternyata pak lurahnya nggak ada. Akhirnya ngnepnya di rumah warga lain. Dan malangnya nasibku sama muti'ah. Habis makan, suruh nyuci piring sama tya & dini, yang lainnya nonton tv. Habis nyuci piring, mau shalat isya' di masjid terdekat, tapi masjidnya udah tutup *emange toko?* Trus balik lagi kerumah warga itu. Habis shalat isya' dirumah warga, yang lainnya udah pada selonjor, udah pada dapet tempat buat tidur. Tidak ada tempat yang tersisa buat aku sama muti'ah. Tapi akhirnya setelah panitia bertindak *halah* dapet tempat buat tidur juga... Walaupun tempat aku tidur itu agak bau amis gara2 air ikan lelenya ada yang tumpah -_- Udah gonta-ganti posisi tidur berapa kali, tetep aja aku nggak bisa tidur! Dingiiiiiinnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!! Ugh. Rasanya pengen cepet-cepet pagi. Dan waktu yang aku tunggu-tunggu akhirnya dateng juga. Habis shalat subuh, langsung pamitan, terus lanjutin perjalanan. Sekitar jam 6 pagi masih aja dingin, plus kabutnya juga masih tebel. Medan hari kedua ini bukit plus jalan berbatul. Kali ini aku menempuh perjalanan nggak berdua sama muti'ah lagi. Tapi rame-rame. Sama muti'ah, mas-mas alumni itu (yang ternyata namanya mas adi), tya, dini, andi, aufa, ega, alfian, ismauwil, dll. Lumayan banyak lah. Hari kedua ini nggak sepenuhnya jalan. Soalnya dari daerah apa itu namanya, naik truk sampe ke dieng. Terus langsung masuk ke candi dieng. Habis foto-foto disana, lanjut ke kawah apa itu namanya ya? -_- Yah, pokoknya kawah lah. Di kawah itu ada semacam lomba dadakan dari mas yud (pembina Wanalana) yang sebenernya hukuman buat peserta yang waktu itu melakukan 'kesalahan'. Kalo mau liat lombanya kayak apa, liat aja disini :D *Maaf kalo kualitasnya jelek, soalnya itu pake hp, di zoom pula* 

Habis dari kawah, sempet beli gorengan dulu~ Gorengan disana ternyata aneh, apalagi tempenya. Tempenya itu kecil ditengah, terus tepungnya itu lebar, warnanya kuniiiiiiing gel kuning! Nggak kayak warna kuning habis digoreng, tapi ini kuningnya kayak kuning cat air! Tapi tetep enak tah... hehe... emang dasare laper, yo opo wae dadi enak. Habis dari kawah lanjut jalan lagi menuju rumah makan padang.... Nah ini nih. Aku merasa tidak adil! *halah* Ada beberapa anak yang makan pake lele goreng, tapi aku sama yang lain makannya ikan goreng (asin lagi), daun singkong, sama lodeh. 
Aku nggak doyan semua T_T
 Terpaksa aku masuk-masukin ke mulut. Yang penting kenyang! Huhuhuh, betapa beruntungnya kalian yang makan pake ikan lele goreng.... Setelah makan, lanjutin perjalanan lagi. Karena hujan, jadi harus pake jas hujan. Ribet -_- Ternyata hujannya bukan hujan biasa. Badai! Rasane koyo meh kawur! Medannya tanah lagi... Harus ekstra hati-hati biar nggak kepeleset. Alhamdulillah, udah sampe desa terdekat. Sempet berteduh sebentar di masjid di desa itu, tapi masjidnya masih dibangun, belum dicat, belum ada lantainya... Sempet ada yang bilang mau bermalam disana. HAH?! Tidur di masjid yang belum jadi ini?!
.........................................................................
*putus asa*
 Tapi ada yang memutuskan kalo terus ngelanjutin perjalanan ke desa yang lain, walaupun badai tetep diterjang! Nah, mendingan lanjut aja daripada nginep disini... Tapi ternyata mas yud punya murid yang rumahnya di kampung ini. Akhirnya nggak jadi ngelanjutin perjalanan wes, tapi berteduh dulu dirumah muridnya mas yud. Naaah, sambil berteduh sekalian nonton bola! Hahahaha. Nonton bareng sama anak-anak WL, rahat yakin :D sampe teriak-teriak, padahal dirumah itu masih ada orang sakit. Terus habis nonton bola, sekitar jam 9 malem, kita pamitan. Ternyata nginepnya nggak disitu, tapi di SD di kampung ini. Malem itu dingiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnneeeeee pol! Waktu jalan dari rumah muridnya mas yud ke SD itu rasanya kayak mimpi.... Untung SD yang mau dibuat nginep itu jaraknya nggak begitu jauh dari rumah tadi. Begitu sampe di SD, langsung masuk ke kelas, terus nata kursi sama meja biar bisa buat tidur anak-anak, daaan tidur. Tapi ternyata dinginnya lebih parah dari malam kemarin. Udah tempat tidurnya meja *atos*, dingin, sempit. Huah! Mendingan aku bangun aja, nggak usah tidur semaleman. Ternyata muti'ah juga kedinginan, dia udah bangun daritadi. Kasian ngeliatnya, tapi mau gimana lagi? Aku juga kedinginan.... Sengsara ya sengsara semua, seneng juga seneng semua. Yak, kayaknya itu berlaku di Long March ini. Terus mbak dewi bangun juga. Mbak dewi yang punya pacar namanya mas Alan, pinjem sarung pacarnya itu. Terus aku, muti'ah, sama mbak dewi berusaha menghangatkan diri bersama-sama.... Nggak lama kemudian, hampir semua cewek yang tadinya udah tidur pada bangun semua. Terus ada yang langsung tidur lagi dan ada yang main poker! Hahaha. Aku nonton tok tah. Sampe jam setengah 3 pagi, aku mulai ngantuk. Coba mau tidur ah, siapa tau bisa. Dan alhamdulillah emang bisa tidur sih, tapi nggak nyenyak.

Besok paginya, aku mau wudhu sama temen2 yang lain. Awalnya aku kira pasti airnya dingin lagi kayak kemaren. Tapi ternyata air disini itu panas gel panas!!!!!!! Akhirnya aku wudhu cuma asal-asalan wes, nggak nahan panasnya T_T 
Sekitar jam 8 pagi, kita lanjut perjalanan. Pertama, medannya itu kayak bukit gitulah, masih mbrusuk2. Sampe ada beberapa peserta yang jatuh. 
Hahahaha
 Hush! Jangan diketawain, kasihan si :p Tujuan terakhir ini yaitu pasar kubis. Ternyata kebanyakan medannya itu jalan aspal, dan menurun! Jempolku sampe sakit. Kali ini aku ada di rombongan paling depan, nggak kayak hari-hari sebelumnya, selalu dibelakang. Hehe. Aku menempuh perjalanan terakhir ini bareng mas Alan (leadernya nih), mbak andin, mbak anindita, muti'ah, dea, sama nina. Sempet bareng rombongannya mas adi, andi, aufa, alfian, dll juga, tapi cume sebentar. Mereka ketinggalan. Kayaknya kecapekan gara-gara kalo ada turunan mereka malah lari. Kalo nggak bisa berhenti bahaya tuh. Untung ada stoppernya (biasanya yang jadi stopper mas adi sama andi). Hahahaha, nekat kabeh. Perjalanan hari terakhir ini rasanya sangat menyiksa. Berpuluh-puluh kilometer ditempuh dengan jalan kaki. Dan anda tau bagaimana perasaan saya ketika sampai di tempat tujuan? SENENGEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE NEMEEEEEEEENNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! WOW!!!!!!!!!
Aku bisa menempuh perjalanan ini! Dan murni jalan kaki lho! Hehe. Soalnya ditengah perjalanan ada peserta yang numpang naik mobil, ada juga yang numpang naik truk. Dan akhirnya perjalanan ini telah berakhir... Tinggal nunggu truk yang akan mengantar kita ke SMANSA.... Sambil nunggu truk itu, aku iseng2 motret 'motif' yang ada di telapak kakiku setelah Long March... Ini dia:

Motif yang ada di telapak kaki kananku

Motif yang ada di telapak kaki kiriku

Ternyata cuaca tidak mendukung kepulangan kita. Hujan deras euy. Padahal di truknya nggak ada terpal. Terpaksa semuanya harus hujan-hujanan! Hahahaha! Aseeeekkkkkk! Tapi hujannya nggak menyeluruh, sampe jalan pantura, jalanannya kering! Kira2 apa ya yang orang2 pikirkan kalo lihat kita (rombongan peserta dan panitia) naik truk dengan wajah kluwus dan basah kuyup padahal (di sekitar jalan pantura) nggak hujan? *facepalm* Yak, dan akhirnya sampe juga di SMANSA sekitar jam setengah 5 sore. Oh ya, selama Long March ini tasku bolong lho. Memalukan -_- Dan begitu sampe rumah, aku langsung mandi, makan, dan tiduuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr!!!!!! 
======================================================

Yak! Itulah #2010memories ku :D Sebenernya masih banyak, tapi kayaknya itu nggak penting buat diceritain... (emangnya yang diatas itu penting? #plak) Ya sudah, cukup sekian dan terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca blog ini. Si yu~



No comments:

Post a Comment